Sunday, June 30, 2013

Cara daftar NUPTK secara online di situs padamu negeri

Be The First To Comment
nuptk
Kabar gembira bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), yaitu guru yang belum memiliki NUPTK. BPSDMPK-PMP telah membuka pendaftaran atau pengajuan NUPTK Baru secara online melalui layanan Padamu Negeri. Tepatnya sejak tanggal 24 Juni 2013, pendaftaran atau registrasi PTK yang ingin mendapatkan NUPTK Baru sudah dimulai. NUPTK berhak dimiliki semua PTK baik PNS maupun Non PNS yang telah memenuhi syarat.

Sugiayanto gagal jual ginjalnya untuk tebus ijasah anaknya

Be The First To Comment
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengundang Sugiyanto dan anaknya, Ayu, ke kantornya di Senayan, Jakarta, pada Jumat siang (29/6). Undangan Mendikbud ditujukan untuk mencari solusi bersama atas penahanan ijazah Ayu yang lulus SMA pada tahun 2012, oleh pihak sekolah, yakni Al Ashriyah Nurul Iman Boarding School, yang berlokasi di Parung, Bogor, Jawa Barat.

Friday, June 28, 2013

Heboh foto bugil seorang guru SMP

1 Comment
Heboh di Tuban, Jawa Timur dengan beredarnya foto bugil seorang guru SMP. Membuat banyak pihak dan ahli mencoba menganalisakan, mengapa phenomena ini terus terjadi, apalagi dengan majuan teknologi seperti Blackberry, Facebook, yang secara canggih dapat mengupload foto instanly, dan diposted kepada semuanorang melihatnya.

Pedoman Tunjangan Profesi Guru

Be The First To Comment

SALINAN
PERATURAN MENTERI KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA

NOMOR 41/PMK.07/2013

Wednesday, June 26, 2013

Pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan

Be The First To Comment
Pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan
Pembelajaran aktif adalah pembelajaran harus menumbuhkan suasana sedemikian rupa sehingga peserta didik aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan, pembelajaran aktif adalah proses belajar yang menumbuhkan dinamika belajar bagi peserta didik.

Pembelajaran Contextual Teaching Learning

Be The First To Comment
CTL
Pembelajaran Kontekstual atau Contextual Teaching Learning (CTL) adalah sebuah sistem belajar yang didasarkan pada filosofi konstruktivistik bahwa siswa mampu menyerap pelajaran apabila mereka menangkap makna dalam materi akademis yang mereka terima, dan mereka menangkap makna dalam tugastugas sekolah jika mereka bisa mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan dan pengalaman yang sudah mereka miliki sebelumnya. Dalam pendekatan kontekstual, ada delapan komponen yang harus ditempuh, yaitu: 

Tuesday, June 25, 2013

Modifikasi model pembelajaran make amatch

Be The First To Comment


BAB II
UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DALAM BELAJAR IPS KHUSUSNYA MATERI HAFALAN VERBAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE – A MATCH  (MENCARI PASANGAN)

2.1 Pengertian Motivasi
     Dalam proses pembelajaran di kelas, seringkali guru harus berhadapan dengan siswa-siswa yang prestasi akademisnya tidak sesuai dengan harapan guru. Bila hal ini terjadi dan ternyata kemampuan kognitif siswa cukup baik, guru cenderung mengatakan bahwa siswa tidak termotivasi atau motivasi belajarnya rendah.  Pertanyaannya, apa yang dimaksud dengan motivasi ?

Sunday, June 23, 2013

Bantuan Siswa Miskin

Be The First To Comment

bsm
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh memantau penyaluran Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) di Surabaya, Jawa Timur menjelaskan bahwa  Kartu Perlindungan Sosial (KPS) tidak hanya bisa digunakan untuk mendapatkan BLSM, tetapi juga untuk mendapatkan Bantuan Siswa Miskin (BSM). Dalam KPS tercantum nama kepala keluarga, nama istri, serta nama anak-anak.  "Ini yg namanya by name by address," kata Menteri Nuh.

Pengumuman Hasil UKG 2013

Be The First To Comment

ukg
Untuk temen-teman guru yang sudah mengikuti UKG beberapa waktu yang lalu tentu sudah tidak sabar lagi menunggu hasilnya. Sehubungan dengan hal tersebut pemerintah berencana mengumumkan hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2013 pada hari Minggu, 30 Juni 2013 mendatang oleh Pusbangprodik BPSDMP Kemdikbud. Sedangkan hasil UKG tersebut bisa diakses secara online lewat website http://sergur.kemdiknas.go.id

Monday, June 10, 2013

Prosedur pengajuan NUPTK baru

Be The First To Comment
Melengkapi postingan terdahulu tentang NUPTK, bagi teman-teman guru yang belum memiliki NUPTK maka Untuk mendapatkan NUPTK baru, berikut kami posting prosedur pengajuan permohonan NUPTK baru. Dalam prosedurnya pihak sekolah atau guru sendiri melakukan proses pengajuan data secara online melalui kantor Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat. Data pengajuan NUPTK dinyatakan valid setelah berkas guru yang bersangkutan (hard copy) diserahkan dan diterima Operator Pendataan NUPTK Dinas Pendidikan Kab/Kota.

Adapun berkas yang harus dilengkapi untuk pengajuan permohonan NUPTK Baru adalah sebagai berikut :
1. Instrumen NUPTK (Download)
2. SK. Awal / SK Akhir (GTT/GTY, SK Yayasan/SK Bupati)
3. SK. Pembagian Tugas dari sekolah
4. Surat Keterangan Aktif Melaksanakan Tugas
5. Ijazah terakhir

Setelah berkas dirasa lengkap, kemudian dibawa ke Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk diserahkan kepada Operator Pendataan NUPTK. Dalam hal ini mungkin setiap daerah Kabupaten/Kota mungkin saja berbeda urutan atau berkas untuk pendaftran NUPTK baru itu tidak menjadi masalah. Tapi paling tidak apa yang kami tuliskan diatas merupakan gambaran secara umum cara mengajukan permohonan NUPTK baru, untuk lebih jelasnya teman-teman bisa bertanya atau mencari informasi di Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.

Cara Verifikasi dan Validasi NUPTK

Be The First To Comment
Untuk teman-teman guru yang memiliki masalah dengan NUPTK ada kabar gembira yaitu bahwa mulai Juni mendatang Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) sebagai pengelola NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) mulai melakukan proses verifikasi dan validasi NUPTK. Proses ini dilakukan setelah Kemendikbud merilis Situs Layanan Sistem Informasi Terpadu PADAMU NEGERI.

Kita semua tahu bahwa NUPTK adalah kode identitas unik berupa 16 digit angka yang diberikan kepada seluruh Pendidik (Guru) dan Tenaga Kependidikan (Staf) di seluruh satuan pendidikan (Sekolah) di Indonesia. Karena begitu pentingnya NUPTK bagi guru maka harus dilakukan Verifikasi dan Validasi Ulang dalam rangka meningkatkan penjaminan mutu pendidikan nasional khususnya para pendidik dan tenaga kependidikan.

Sehubungan denga hal tersebut kini telah beredar Pedoman Prosedur Melakukan Verifikasi dan Validasi NUPTK 2013. Proses Verifikasi dan Validasi Ulang NUPTK terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama yaitu Pengambilan dan Penyerahan Formulir (A01/A0/A03/A04). Berikut adalah detail tahap1 Verifikasi dan Validasi  Ulang NUPTK:
  1. Unduh Formulir di Situs PADAMU NEGERI.
  2. Formulir yang diunduh tergantung kondisi NUPTK. Jika NUPTK berada di sekolah induk dan sudah tercatat aktif di sekolah induk, maka yang diunduh secara otomatis adalah Formulir NUPTK-A01. 
  3. Isi data dengan lengkap sesuai petunjuk dilampiri Foto Berwarna 4x6 1 lembar, 1 lembar Foto Copy Akte Kelahiran, 1 lembar Fotocopy Ijazah SD, 1 lembar fotocopy ijazah terakhir, 1 lembar fotocopy SK Pengangkatan Kepegawaian.
  4. Formulir yang sudah diisi diserahkan kepada Admin/Operator Sekolah.Setelah berkas divalidasi Admin/Operator Sekolah, Guru akan mendapatkan Tanda Bukti VerVal Lv.1
Tahap Verifikasi dan Validasi Ulang NUPTK 2013 ini melibatkan PTK (guru dan staf), Admin/Operator Sekolah, dan Admin/Operator Disdik Kabupaten/Kota. Untuk tahap-tahap selanjutnya dapat anda lihat di Lembar Prosedur Verifikasi dan Validasi NUPTK 2013. Lembar ini juga berisi Panduan Aktivasi Akun Sekolah ini bisa Anda download di sini.

Sunday, June 2, 2013

Petunjuk Teknis BOS SMA 2013

Be The First To Comment
Dalam rangka pelaksanaan Program Pendidikan Menengah Universal (PMU), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk SMA di seluruh Indonesia. Program BOS SMA yang merupakan program utama (icon) PMU ini diharapkan mampu membantu memenuhi biaya operasional sekolah dan memberikan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu terutama bagi siswa miskin.
BOS SMA adalah program Pemerintah berupa pemberian dana langsung ke sekolah dimana besaran dana bantuan yang diterima sekolah dihitung berdasarkan jumlah siswa masing-masing sekolah dan satuan biaya (unit cost) bantuan. Dana BOS SMA digunakan untuk membantu sekolah memenuhi biaya operasional sekolah non personalia.
Sebagai wujud keberpihakan terhadap siswa miskin atas pengalokasian dana BOS SMA tersebut, sekolah diwajibkan untuk membebaskan (fee waive) dan/atau membantu (discount fee) siswa miskin dari kewajiban membayar iuran sekolah dan biaya-biaya untuk kegiatan ekstrakulikuler siswa. Jumlah siswa yang dibebaskan atau mendapat keringanan biaya pendidikan menjadi kebijakan (diskresi) sekolah dengan mempertimbangkan faktor jumlah siswa miskin yang ada, dana yang diterima dan besarnya biaya sekolah.
Pada tahun 2013 ini, dialokasikan dana BOS SMA sebesar Rp. 2,118 triliun untuk 4,23 juta siswa SMA. Bantuan disalurkan oleh Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan langsung ke sekolah. Pelaksanaan program BOS SMA mengikuti pedoman yang disusun oleh Pemerintah, dengan mengutamakan konsep manajemen berbasis sekolah (MBS) yaitu dilaksanakan secara swakelola dan partisipatif, transparan, akuntabel, demokratis, efektif efisien, tertib administrasi dan pelaporan, serta saling percaya.
Untuk memahami tentang BOS SMA tahun 2013 silahkan klik link berikut :   Bos SMA >  
 

© 2011 Informasi Seputar Guru - Designed by Mukund | ToS | Sitemap | RSS

About Us | Contact Us | Privacy Policy